fbpx

Cara Mencegah Penuaan Diri Dari Rumah

renanda
Maret 18, 20191 Comment

Penuaan pada umumnya diakibatkan oleh faktor genetis dan lingkungan, misalnya stres dan radikal bebas. Namun tahukah kamu bahwa rumah pun dapat mengakibatkan penuaan? Dari jendela sampai pilihan warna cat.

Berikut teknik yang bisa Anda tempuh guna melawan penuaan dini dari rumah, seperti yang dikutip oleh Live Strong.

Bantal Tidur

Keriput tidur karena menekankan wajah ke bantal atau istirahat miring, bisa dengan mudah dihindari dengan dua cara, yaitu sarung bantal sutra yang licin atau dengan tidur telentang.

Alasan terjadinya garis-garis malang ini, menurut keterangan dari dermatolog bersertifikat dan penasihat di RealSelf.com Dr. Joel Schlessinger, kulit orang dewasa tidak gampang kembali lagi seperti layaknya kulit anak muda.

“Kerutan-kerutan itu dampak wajah kita berkali-kali ditekankan ke bantal setiap malam, sampai-sampai meregangkan, mendorong, dan menarik kulit. Cara terbaik menghindari kerut ialah tidur telentang,” ujarnya.

Jika serius hendak menghindari kerut ketika tidur, Dr. Schlessinger merekomendasikan bantal JuveRest yang mempunyai bagian untuk menahan kepala ketika tidur telentang, juga desain menarik untuk tidur miring dengan meminimalkan kontak antara wajah dan bantal.

Jendela

Berdasarkan keterangan dari Skin Cancer Foundation, minimal 50 persen sinar UVA menerobos jendela kaca. Hasilnya?

Sinar matahari yang menerpa kulit, meski di dalam ruangan, bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Sinar ini, yang mengakibatkan kerut dan age spot, juga akan menambah risiko kulit terpapar kanker kulit.

Dr. Schlessinger merekomendasikan mengenakan sunscreen di dalam ruangan karena dampak buruk sinar UV.

“Setiap hari, bahkan andai Anda tak merencanakan meninggalkan rumah, kamu tetap terekspos sinar UV. Mengoleskan creamsiang secara teratur dapat membantu menghindari garis halus, kerut, dark spot, dan tanda-tanda lain kerusakan dampak sinar matahari,” ujar Dr. Schlessinger.

Perlindungan sinar matahari harian merupakan cara termudah untuk menjaga kulit tetap terlihat sehat dan cantik.

Kualitas udara

Rokok, polusi, senyawa organik volatil (VOC), dan radiasi UV ialah penyumbang terbesar yang membuat radikal bebas, yaitu molekul tak stabil yang menyerang dan membahayakan tubuh.

Bagi yang terekspos, firasat penuaan dini terlihat dalam format kerut dan garis halus. Bagi memeranginya, diamlah merokok dan tingkatkan kadar antioksidan dengan mengkonsumsi teh hijau, buah, dan sayuran, yang bisa melawan kerusakan oksidatif, menurut keterangan dari Academy of Nutrition and Dietetics.

Mandi air panas

Penyebab yang lain dari penuaan ialah mandi air panas dalam waktu lama dan menggosok tubuh dengan handuk alih-alih menepuk-nepukkannya sampai kering.

“Menggosok handuk ke muka atau tubuh bakal menyakiti kulit, apa pun bahan handuk,” Dr. Schlessinger. “Tepuk-tepuk handuk guna mengeringkan kulit supaya meminimalkan risiko iritasi.”

Berikutnya, oleskan pelembap begitu kita melangkah keluar dari kamar mandi, ketika kulit masih basah, guna mengunci kulit tetap lembap. Jika kita melewatkan tahapan ini, lapisan terluar kulit bakal cepat kering dan dehidrasi.”

Berantakan

Berdasarkan keterangan dari Psychology Today, lingkungan yang berantakan dapat mengakibatkan stres, dan stres mengakibatkan penuaan. Untuk membuat rumah kita tenang dan rapi, sumbangkan baju dan barang-barang yang telah tidak terpakai.

Untuk benda yang punya kecenderungan menumpuk laksana surat, boneka, dan buku, maka mesti teratur dikeluarkan, kalau dapat tiap hari. Setidaknya, jaga pintu masuk sebersih mungkin supaya Anda tak dibombardir stres visual masing-masing membuka pintu. (sil)

Baca Juga :

Nah inilah “Cara Mencegah Penuaan Diri Dari Rumah“. Silahkan berikan komentar dan masukan Anda.