fbpx

Hal Yang Terjadi Ketika Kotoran Menumpuk Pada Kulit Anda

faizuddin
April 23, 2019 3 Comments

Apakah Anda menggunakan kosmetik saat bekerja? Atau, Anda memakai kendaraan umum yang membuat kulit Anda menjadi sering kali terkena debu dan polusi? Apa pun pekerjaan Anda, kulit senantiasa terkena dengan sekian banyak kotoran yang dapat menyebabkan berbagai masalah. Kotoran ini bisa menempel pada wajah dan mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori.

Tapi sesudah seharian beraktivitas, terkadang kita malas untuk mencuci riasan wajah dan langsung tidur. Padahal, mencuci wajah sebelum istirahat dapat menghindarkan diri kita dari sekian banyak masalah kulit.

Apa yang terjadi saat Anda jarang membasuh wajah paling tergantung pada situasi kulit Anda, apakah kulit kita berminyak, kering, atau kombinasi. Di samping itu, kesehatan wajah pun tergantung dari apa yang seringkali Anda kenakan di wajah Anda.

Berikut ialah masalah-masalah kulit yang bisa terjadi andai kotoran menumpuk pada wajah dan jarang dibersihkan:

Timbul jerawat dan komedo

Jerawat dan komedo gampang timbul pada wajah dengan kulit berminyak, lagipula jika kotoran menumpuk. Bila kita jarang mencuci wajah, jumlah jerawat dapat bertambah dan kulit lebih berminyak. Hal ini pada akhirnya mengakibatkan tampilan kulit yang tidak sehat.

Sebenarnya pori-pori di wajah tersebut sama seperti drainase telinga, dirancang untuk mencuci dan menerbitkan kotoran sendiri. Namun, pada sekian banyak kondisi, pori-pori dapat tersumbat dan mengakibatkan komedo terbentuk di bawah kulit. Komedo lazimnya terdiri dari kulit mati dan kotoran yang menumpuk.

Kulit tampak kusam

Jika kita mempunyai kulit kering dan tidak pernah membasuh wajah sesudah beraktivitas seharian, kulit dapat makin kering dan kusam seiring dengan berjalannya waktu. Walaupun kita tidak menggunakan riasan wajah, mencuci wajah tetap penting sebab kulit terkena polutan luar, atau bersentuhan dengan sekian banyak produk perawatan kulit laksana pelembap dan tabir surya.

Produk kesehatan wajah tidak bekerja dengan baik

Produk kesehatan kulit, contohnya pelembap, membutuhkan kontak langsung dengan kulit supaya dapat bekerja dengan baik. Paparan yang baik antara produk keelokan dengan kulit menambah penyerapan pelembap sampai-sampai dapat bermanfaat dengan efektif. Namun, andai Anda jarang mencuci wajah dan ada sisa riasan wajah serta tumpukan kotoran, hasil yang diharapkan dari pemakaian pelembap tidak bakal maksimal.

Bersihkanlah wajah kita dua kali dalam sehari untuk mencuci sel kulit mati, kotoran, dan minyak di permukaan kulit. Gunakan air hangat dan bukan panas, serta pembersih wajah yang cocok dengan tipe atau situasi kulit. Hindari memakai sabun keras sebab dapat mengiritasi wajah Anda. Setelah membasuh wajah, keringkan dengan lembut memakai handuk atau tisu bersih.

Kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan sekian banyak masalah pada kulit laksana jerawat, komedo, dan kulit yang tampak kusam. Jadikanlah membasuh wajah sebagai rutinitas Anda. Walaupun kita merasa paling lelah, luangkan masa-masa untuk mencuci wajah sebelum istirahat malam. Percayalah, kulit Anda bakal menjadi lebih bersih dan sehat.

3 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *