fbpx

Merawat Kulit Agar Sehat dan Estetis

faizuddin
Februari 25, 20190 Comment

Kulit estetis dan sehat merupakan keinginan semua orang. Namun kemauan mempunyai kulit estetis ada rintangannya juga. Faktor lingkungan yang buruk bisa merusak kesehatan kulit, pasti saja selain hal alami yakni pertambahan usia.

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh insan dengan lapisan terluarnya yang disebut epidermis. Epidermis ialah bagian berperan urgen dalam mengayomi kulit dari faktor-faktor perusak di luar tubuh. Di balik epidermis ada lapisan dermis yang disebut pun sebagai lapisan tengah kulit. Di dalam jaringan epidermis sendiri ada tiga sel pendukung, antara lain:

  • Sel keratinocyte, memproduksi protein keratin menjadi unsur utama dari epidermis.
  • Sel melanocyte, memproduksi pigmen kulit atau dinamakan melanin.
  • Sel Langerhans, menangkal benda asing menginjak kulit

Sedangkan di lapisan dermis, terdapat protein kolagen dan elastin yang memberi struktur dan menolong kelenturan kulit sampai-sampai terlihat sehat.

Kulit merasakan regenerasi tiap 27 hari. Meski begitu, sepanjang hidup manusia, situasi kulit bakal berubah secara konstan menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung kepada sekian banyak faktor. Karena itu, sangat urgen untuk menjaga kesehatan dan vitalitas organ pelindung ini dengan mengerjakan perawatan kulit secara berkala.

Faktor Penyebab Kerusakan Kulit

Di samping pertambahan usia, hal lingkungan dominan pada evolusi kulit, khususnya dampaknya untuk proses alami penuaan kulit . Ahli kulit sehat tersebut mengatakan bahwa sinar matahari menjadi salah satu penyebab utama dari kehancuran kulit sebab adanya kandungan sinar ultraviolet dan radikal bebas.

Paparan sinar ultraviolet (UV) yang berlebihan dari matahari pada dasarnya mempunyai sifat merusak sebagaimana efeknya bisa merusak kolagen dan elastin. Elastin ialah protein di dalam jaringan kulit yang membuatnya terasa lembut dan terlihat kenyal.

Sinar UV juga dominan kepada proses pigmentasi kulit. Dalam urusan ini, efek negatif sinar UV dapat merangsang kemunculan keriput, bintik-bintik cokelat, bahkan risiko kanker kulit.

Belum lagi, tingginya radikal bebas turut berperan untuk pertumbuhan kanker kulit. Di sisi lain, mengisap rokok dan polusi udara dapat meminimalisir kolagen dan menyebabkan proses penuaan kulit prematur, laksana halnya efek sinar UV matahari.

Cara termudah dalam mengayomi kulit ialah menghindari kontak dengan bahan-bahan alergen tersebut, contohnya dengan menggunakan pelindung tubuh dan mengubah produk perawatan yang tidak memunculkan iritasi pada kulit.

Perawatan Kulit Sehat secara Alami

Perawatan kulit sehat alami dapat dilaksanakan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang berisi antioksidan. Di samping itu, produk dengan antioksidan laksana vitamin C dan E pun baik untuk mengawal kesehatan kulit.

Lebih jauh lagi, untuk menghindari kehancuran kulit dampak faktor buruk lingkungan, perlu dilaksanakan upaya perawatan kulit dengan produk perawatan kulit yang pun mendukung supaya tetap sehat dan bersinar.

Beberapa urusan yang perlu diacuhkan dalam mengerjakan perawatan kulit secara teratur adalah:

  • Rutin mencuci wajah, minimal dua kali sehari. Pastikan guna menghapus riasan di malam hari sebelum tidur. Gunakan pembersih lembut yang tidak berisi deterjen dan pewangi. Utamakan pun pembersih wajah yang berbahan alami.
  • Gunakan produk pelembap. Bukan hanya untuk pemilik kulit kering, tapi pakai produk ini juga untuk Anda yang berkulit berminyak.
  • Selalu gunakan tabir surya tiap hari walau tidak tidak jarang beraktivitas di luar ruangan. Pada kenyataannya, tahapan perawatan berikut yang terpenting untuk mengayomi kulit. Pilih tabir surya dengan kandungan bahan alami dan berisi SPF paling tidak 15 atau 30 untuk mengayomi kulit dari sinar UV A dan UV B.
  • Konsumsi makanan yang sehat dan hindari stres berkepanjangan

Untuk menemukan perlindungan yang lebih efektif, pilihlah produk losion yang cocok dengan jenis kulit. Misalnya untuk menanggulangi kulit berminyak, pakai produk perawatan kulit yang eksklusif bertujuan meminimalisir kadar minyak pada kulit supaya terhindar dari masalah jerawat.

Namun apa juga jenis kulit kita, berpengalaman kulit sehat mengaku kulit estetis dan bercahaya adalah hasil dari kelaziman sehat dan perawatan kulit yang alami dan sederhana.