fbpx

Perawatan Wajah Untuk Kulit Kering

renanda
September 26, 20190 Comment

Beberapa jenis kulit wajah memerlukan perawatan yang tepat guna menjaga kondisinya dan meminimalisir keluhan. Salah satu jenis kulit yang memerlukan perawatan ekstra, yakni kulit kering. Kondisi kulit kering bisa disebabkan karena berbagai faktor. Beberapa di antaranya adalah faktor keturunan dan kurangnya asupan cairan, namun juga bisa terjadi akibat terlalu sering eksfoliasi, penggunaan produk perawatan yang kurang tepat, kekurangan asupan vitamin A dan C, atau bisa juga karena menggunakan sabun pembersih wajah dengan pH basa sehingga kulit menjadi kering. Berikut adalah perawatan wajah untuk kulit kering.

  • Cuci muka

Cara merawat wajah kering yang pertama adalah mencuci muka jangan terlalu sering. Cukuplah menggunakan pembersih wajah sebanyak maksimal 2 kali sehari. Hal ini dikarenakan ketika kulit terlalu sering mencuci wajah dapat menghilangkan minyak alami dari wajah Anda sehingga membuat wajah menjadi lebih kering. Selain itu, gunakan pembersih wajah khusus untuk kulit kering yang bertekstur krim atau balm. Pilihlah pembersih wajah yang lembut agar kulit Anda terhindar dari iritasi kulit yang bisa menyebabkan kulit semakin kering.

  • Pelembap

Biasanya perempuan hanya akan mengoleskan pelembap wajah jika ingin ber-make-up. Padahal, sebaiknya gunakanlah pelembap setiap kali dibersihkan. Kulit yang telah dibersihkan dan masih lembap sangat mudah menyerap produk kecantikan yang dioleskan. Kamu perlu juga memilih pelembap berbentuk krim yang memiliki kemampuan oklusif untuk mencegah penguapan kadar air dari kulit Anda. Sehingga ia bisa menjaga kelembapan pada kulit Anda.

  • Batasi eksfoliasi

Eksfoliasi menjadi salah satu rutinitas yang baik untuk mengatasi kulit wajah kering. Namun, bagi pemilik kulit wajah kering, sebaiknya tidak terlalu sering melakukannya. Sebaiknya, eksfoliasi dilakukan sekitar 1 minggu sekali atau maksimal dua kali. Eksfoliasi bertujuan untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, sementara kulit kering lebih cepat terkelupas daripada kulit berminyak. Pilihlah scrub yang cukup halus sehingga mencegah terjadinya iritasi.

  • Memperbanyak minum air

Salah satu cara merawat wajah kering adalah dengan memperbanyak mengonsumsi air. Pada dasarnya kulit kering disebabkan karena tubuh kekurangan cairan, sehingga membuat banyak sel dehidrasi dan menyebabkan kulit menjadi kering dan kehilangan keelastisitasannya. Jadi, sebagai tips untuk mengatasi kulit wajah yang kering, perbanyaklah minum air, karena asupan cairan penting bagi pemilik kulit kering guna menjaga kelembapan kulit.

  • Hindari begadang

Cara mengatasi wajah kering setelah itu adalah menjauhkan begadang. Hal ini dikarenakan, formalitas tidur larut malam dapat membuat kulit lebih kering dari biasanya. Kebiasaan tidur malam dapat membuat kantung mata dan garis-garis halus di area bibir dan mata. Jadi, sebaiknya tidurlah lebih awal sebagai langkah agar kulit wajah tidak kering. Tidur lebih awal dapat menstimulasi metabolisme tubuh dan regenerasi kulit untuk bekerja lebih baik.

  • Hindari alkohol, kafein, dan rokok

Solusi kulit wajah kering yang lain adalah bersama dengan berhenti merokok, kopi dan alkohol. Bahan yang tersedia didalam rokok, alkohol, dan kafein termasuk mampu merusak kulit. Ketahuilah terkecuali alkohol dan kopi berwujud diuretik. Ini artinya, memicu Anda jadi lebih sering berkemih dan memicu dehidrasi. Kondisi dehidrasi mampu berdampak negatif pada kulit, yaitu dan memicu kulit lebih enteng kering dan timbul kerutan. Begitu pula bersama dengan rokok yang mampu merusak kolagen kulit yang disebabkan terdapatnya nikotin dan zat-zat beracun. Kolagen itu sendiri berfungsi untuk menjaga kulit supaya selamanya kenyal dan kencang. Bila mengalami kerusakan, maka kulit Anda pun akan nampak lebih kendur dan timbul kerutan.

  • Batasi penggunaan produk yang bisa membuat kulit kering

Cara menjaga muka kering juga harus jauhi pemanfaatan product yang sanggup menyebabkan jadi lebih kering. Beberapa product yang sebaiknya dibatasi penggunaannya, yaitu product yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid dan alpha-hydroxy acid (AHA).

Sekian “Perawatan Wajah Untuk Kulit Kering” Terima Kasih.

Semoga Bermanfaat.