fbpx

Seberapa Sering Seharusnya Keramas

faizuddin
Maret 15, 20190 Comment

Setiap berapa hari seharusnya keramas? Ada yang terbiasa keramas setiap hari, dua hari sekali atau bahkan dua kali seminggu. Frekuensi keramas ternyata dapat berbeda-beda tergantung jenis dan situasi rambut.

Rambut Tebal

Seorang stylist selebriti dan pendiri salon Cucinello Studio, Paul Cucinello, menganjurkan untuk  rambut yang tebal usahakan keramas setiap tiga hari.

Pilih shampo dengan busa yang banyak supaya bisa mencapai seluruh bagian rambut. Untuk pemakaian kondisioner, pilihlah  yang tekstur dan formulanya lebih kental supaya memberikan kelembapan ekstra.

Rambut Halus

Rambut halus bisa dengan mudah terpapar minyak dan penumpukan produk, sehingga perlu untuk sering dicuci. “Rambut halus mesti keramas setiap hari dengan memakai shampo dan kondisioner yang memberi volume,” ujar Cucinello, dikutip dari Women’s Health.

Tujuannya guna menjaga kebersihan rambut sampai dapat menjaga volume serta tetap memberi nutrisi pada kulit kepala dengan kondisioner ringan.

Rambut Kasar

Jika mempunyai rambut yang kasar, Cucinello menganjurkan untuk keramas dua kali seminggu dengan memakai shampo yang super lembap dan bebas sulfat. Setelah itu pakai deep conditioning untuk menjaga rambut tetap halus dan mudah diatur.

Rambut Tipis

“Rambut yang menipis harus dibersihkan setiap hari memakai sampo yang memicu pertumbuhan rambut pada kulit kepala, memperluas diameter tiap helai rambut hingga menjadi lebih tebal dan kuat, lalu pakai kondisioner yang dapat menyuburkan folikel rambut dan mendorong perkembangan rambut,” sarannya.

Rambut yang Diwarnai

Tak perlu cemas keramas bisa menghilangkan warna rambut, Cucinello berkata, “Anda bisa membilas dan merawat rambut yang diwarnai sesering yang Anda inginkan, namun Anda mesti keramas selama tidak lebih dari tiga kali seminggu.”

Hal ini supaya rambut tidak kehilangan kelembapan sepenuhnya. Dia merekomendasikan untuk memakai kondisioner rambut terlebih dahulu, sebelum keramas dengan sampo khusus guna rambut berwarna.

Rambut Rapuh dan Rusak

Mengatasi rambut yang rapuh memang agak rumit. Jangan membasuh rambut secara berlebihan sebab dapat memperparah kerusakan pada rambut atau mengeringkan rambut.

Cukup keramas dua kali seminggu memakai shampo khusus guna menguatkan akar rambut dilanjutkan dengan masker rambut.

Rambut Berminyak

Kebanyakan keluhan orang di negara tropis seperti Indonesia ialah rambut yang lepek dampak produksi minyak berlebih di kulit kepala. Cucinello menguak penyebab rambut berminyak sebab terlalu sering keramas dan tidak memakai kondisioner hingga rambut menjadi dehidrasi.

Untuk menyeimbangkan situasi kulit kepala, usahakan keramas maksimal empat kali seminggu dan pakai kondisioner yang bermanfaat untuk melembapkan.

Hindari menggunakan shampo eksklusif kulit berminyak sebab akan menjadikan kulit kepala kering, yang mengakibatkan produksi minyak semakin berlebihan dan rambut kian lepek. Gunakan sampo berformula lembut.

“Pastikan guna benar-benar memijat kulit kepala dengan baik dengan kondisioner guna memecah penumpukan minyak yang berlebihan,” katanya.

Rambut Berketombe

Julie Russak, MD, pendiri Klinik Dermatologi Russak di New York City, mengatakan, “Ketombe diakibatkan ketika perkembangan berlebih dari jamur yang mengakibatkan peradangan pada kulit.

Ditambah lagi kelebihan produksi sebum dan minyak menambah pergantian sel, yang semuanya adalah penyebab serpihan putih pada kulit kepala.”

Rusakk menganjurkan untuk menggunakan shampo yang mengeksfoliasi atau berisi bahan-bahan aktif melawan ketombe seperti zinc pyrithione, selenium sulfide, atau ketoconazole. Jika memilki rambut berketombe, keramaslah kurang lebih setiap dua hari sekali.

Baca Juga :

Demikian artikel “Seberapa Sering Seharusnya Keramas“. Silahkan berikan komentar dan masukan Anda.