fbpx

Tips Agar Rambut Anda Menjadi Subur

renanda
Maret 14, 20190 Comment

Banyak orang mengharapkan rambut yang terlihat lebat. Berbagai tips telah dilakukan, mulai dari perawatan rambut sampai mengonsumsi suplemen tertentu. Mari simak teknik menyuburkan rambut yang efektif.

Rambut telah tumbuh semenjak menjadi janin di dalam kandungan berusia 22 minggu. Pada tahap ini ada sekitar kurang lebih lima juta folikel (kantung area rambut tumbuh) di semua tubuh dengan 1 juta di antaranya terdapat di kepala.

Namun semakin meningkatnya usia seseorang, kepadatan rambut semakin berkurang. Hal ini terjadi sebab kulit kepala kian lebar sedangkan folikel tidak diproduksi lagi.

Di samping folikel rambut, pemakaian produk perawatan rambut yang berbahan keras dan penataan yang menjadikan rambut tertarik-tarik dapat membuat rambut gampang rontok.

Untuk menemukan rambut yang subur, kulit kepala mesti sehat. Kulit kepala yang sehat akan menjadikan rambut tumbuh subur, lebat, berkilau, dan gampang diatur.

Cara Menyuburkan Rambut

Cara menyuburkan rambut yang penting dan perlu untuk dilakukan adalah dengan menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Untuk menyokong kesehatan rambut dan kulit kepala, ikuti beberapa hal berikut:

Memenuhi keperluan protein

Penuhi keperluan protein sebab komposisi utama rambut yang paling penting adalah protein. Sekitar 45 gram protein mesti dikonsumsi setiap harinya untuk menyokong kesehatan rambut. Jika kekurangan, rambut menjadi rapuh dan kusam. Beberapa sumber protein yang dapat dijadikan pilihan ialah daging rendah lemak, daging unggas, ikan, kacang, telur, dan produk susu rendah lemak.

Memenuhi keperluan vitamin B dan D

Vitamin B kompleks selain bermanfaat penting  untuk menata metabolisme tubuh dan mengawal sistem saraf pusat, Vitamin B juga berguna untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Vitamin ini dapat didapatkan dari biji-bijian, kembang kol, wortel, sayuran berdaun hijau gelap, hati sapi, unggas, telur, kedelai, alpukat, dan kacang-kacangan.

Sementara itu, vitamin D diklaim dapat mengaktifkan ulang folikel rambut yang tidak aktif, walau tidak ada jaminan bahwa folikel sangat sering menghasilkan rambut. Vitamin D dapat didapatkan dengan mengonsumsi salmon, jamur, biji-bijian, jus jeruk, dan susu rendah lemak yang diperkaya vitamin D.

Memenuhi keperluan zinc

Di samping protein dan vitamin, mineral seperti zinc juga diperlukan untuk mencegah kerontokan rambut. Zat ini dapat didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, dan dari air minum Jika perlu, Anda pun dapat mengonsumsi suplemen yang berisi zinc.

Mengkonsumsi makanan yang berisi omega-3

Asupan omega-3 yang cukup, baik untuk menyokong kesehatan folikel rambut dan memicu kelenjar minyak. Walau tidak mengakibatkan pertumbuhan rambut, omega-3 diandalkan mampu menambah kesehatan kulit kepala. Sumber makanan yang berisi omega-3 ialah ikan salmon, ikan sarden, yogurt, keju, salad, dan sereal.

Mengoleskan minyak esensial

Di samping asupan makanan bergizi, teknik menyuburkan rambut juga dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak esensial. Minyak ekstrak biji anggur ditengarai bisa menyuburkan rambut sebab berisi asam linoleat. Di samping itu, minyak rosemary juga dapat digunakan guna menstimulasi akar rambut, menambah pertumbuhan rambut, dan menambah sirkulasi di kulit kepala.

Menghindari bahan kimia

Cara menyuburkan rambut yang tak kalah pentingnya ialah dengan menghindari bahan kimia dalam produk perawatan rambut. Cat rambut, bahan pengeriting, dan bahan pelurus rambut ialah produk kosmetik rambut yang seringkali berisi tidak sedikit bahan kimia. Di samping itu, tidak boleh lupa guna selalu membasuh rambut sesudah berenang sebab bahan klorin dalam air kolam dapat merusak rambut. Kenakan topi ketika beraktivitas di luar ruangan untuk mengayomi rambut dari sengatan sinar matahari.

Makanan ialah sumber vitamin terbaik untuk perkembangan rambut. Namun misalnya anda kesusahan memperolehnya, Anda bisa mengonsumsi suplemen sebagai Jika Anda merasakan masalah pada rambut atau cemas terhadap kesehatan rambut Anda, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga :

Demikian “Tips Agar Rambut Anda Menjadi Subur“. Silahkan berikan komentar dan masukan Anda.